Kampung Keluarga Berencana (KB) di RW 8 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang – KIM Mbois Online

Kampung Keluarga Berencana (KB) di RW 8 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Setelah berdiri sejak setahun yang lalu, kampung Keluarga Berencana (KB) yang terletak di Jl. Sebuku, RW 08 Kelurahan Bunulrejo, Blimbing, Kota Malang, pada Minggu (9/9) telah diresmikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Drs. Wasto, SH., MH.

Menurut salah satu motivator kampung KB, Andri Wiwanto, ST., MM, dibentuknya kampung KB ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang ada di RW 08 Kelurahan Bunulrejo, terutama potensi para remajanya. Namun saat ini, Andri akan lebih memaksimalkan Tri Bina Keluarga.

“Tri Bina Keluarga itu ada tiga, yaitu bina keluarga balita, remaja, dan lansia,” jelas ketua Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) Kelurahan Bunulrejo ini dan juga ketua Karang Taruna Setya Karya Kelurahan Bunulrejo.

Selain program Tri Bina Keluarga, ada lima program yang dikembangkan di kampung KB Kelurahan Bunulrejo ini, yaitu:

Posyandu remaja kampung KB
Dijelaskan oleh Andri bahwa posyandu remaja merupakan program yang dilaksanakan setiap bulan sekali untuk mengedukasi para remaja terkait informasi kesehatan, serta Membekali remaja untuk mempersiapkan masa depannya dengan menjadi Generasi Berencana yang kreatif dan berwawasan luas.

Taman Kreatif dan Literasi Kampung KB
“Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas dan minat literasi anak – anak. Karena dengan saat ini anak–anak sudah mulai suka dan rajin membaca,” jelas Andri

Hutan Kampung Edukasi
Sebagai pusatnya, kampung KB Memanfaatkan lokasi di SDN Bunulrejo 3. Dipilihnya lokasi tersebut dikarenakan adanya pohon Kendal, yang mana pohon tersebut menjadi cikal bakal nama Kelurahan Bunulrejo.

Bank Sampah kampung KB
Merupakan program pengolahan sampah untuk menunjukkan bentuk kepedulian masyarakat kampung KB terhadap lingkungan. Jadi sampah–sampah yang masih bisa diolah akan ditampung di bank sampah untuk dimanfaatkan kembali

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS)
Kepada MalangTODAY, Andri menjelaskan bahwa program UPPKS ini adalah untuk mengajak keluarga aktif bergerak dalam ekonomi produktif, mensosialisasikan pengelolaan keuangan keluarga.

Reporter : Jazilatul Humda
Editor : Raka Iskandar

sumber :

malangtoday.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *